Selasa, 07 Maret 2017 08:53

Testimoni Alumni

Rate this item
(0 votes)

 

Tri Hartono Rianto, S.E., M.Bus, Ak., CA

(Direktur Keuangan PT Semen Padang)

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Saya, Tri Hartono Rianto, salah satu alumni mahasiswa PPAk Universitas Andalas (Unand) yang telah menyelesaikan studi pada tanggal 5 Desember 2016, dan telah dinyatakan lulus ujian 7 modul Chartered Accountant (CA) oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Pusat, serta diwisuda pada tanggal 25 Februari 2017, ingin berbagi pengalaman selama menempuh kuliah di PPAk Unand.

Menurut pendapat saya, kuliah di PPAk Unand sangat membantu dan recommended sekali dalam mempersiapkan diri untuk menempuh ujian 7 modul CA dari IAI pusat.

1. Proses masuk menjadi mahasiswa PPAk Unand

Adanya seleksi ujian masuk sebagai mahasiswa PPAk Unand membuat saya haus me-refresh kembali pengetahuan saya di bidang Akuntansi dan Keuangan. Dan bagi Unand, seleksi ini merupakan filter awal dalam rangka mendapatkan mahasiswa yang berkualitas dan siap dididik profesi akuntansi. Materi yang diujikan dalam seleksi ujian masuk ini merupakan pengetahuan basic yang memang diperlukan dalam perkuliahan nantinya, yang terdiri dari Akuntansi Keuangan, Akuntansi Manajemen dan Perpajakan.

Bagi Calon mahasiswa PPAk Unand yang belum lulus seleksi ujian masuk namun telah memenuhi syarat sebagai calon mahasiswa PPAk Unand, tetap dapat kuliah di PPAk Unand, namun diwajibkan mengikuti program matrikulasi beberapa mata kuliah basic.

Dengan proses di awla yang sudah cukup ketat, dapat dipastikan bahwa saya dan calon mahasiswa PPAk Unand telah memiliki pengetahuan basic yang diperlukan dengan seragam dengan seluruh mahasiswa PPAk Unand lainnya, pada saat itu. Dengan demikian, proses pendidikan profesi akuntansi dapat dilakukan oleh para dosen Unand dengan "frekuensi" yang sama bagi seluruh mahasiswa PPAk Unand.

2. Proses perkuliahan

Proses perkuliahan di PPAk Unand merupakan proses yang paling exciting bagi saya. Betapa tidak? Ruangan perkuliahan yang ber-AC dengan meja dan kursi yang cukup representative untuk belajar dapat menumbuhkan semangat aktif belajar di dalam kelas. Waktu kuliah pun sesuai dengan standar SKS yang harus ditempuh, dimana perkuliahan dimulai dan berakhir secara ontime.

Hal lain yang menurut saya cukup baik dan dapat menumbuhkan rasa disiplin belajar adalah sistem absensi yang ketat. Bila mahasiswa tidak hadir dalam perkuliahan selama lebih dari 25% waktu tatap muka perkuliahan, maka mahasiswa tersebut dinyatakan tidak layak untuk mengikuti ujian.

Selain itu, hal lain yang juga cukup memberikan pemahaman yang komprehensif dalam belajar di PPAk Unand yaitu sistem pengajaran. Selain sistem pengajaran yang dipergunakan oleh PPAk Unand mengacu 100% pada panutan syllabus yang dikeluarkan oleh IAI Pusat seperti:

  • Pengembangan keterampilan teknis
  • Pengembangan keterampilan analitikal dan integratif
  • Pengembangan keterampilan mengelola waktu
  • Pengembangan keterampilan menulis
  • Pengembangan keterampilan kominikasi (communication skill)
  • Pengembangan keterampilan kerjasama kelompok
  • Pengembangan kepemimpinan

Para dosennya juga memberikan kesempatan bagi saya untuk melakukan sharing pengalaman saya kepada mahasiswa di kelas, atas hal-hal yang terjadi di dunia kerja terkait materi perkuliahan yang saat itu sedang dibahas di kelas. Tentunya dengan sistem pengajaran seperti ini, membuat semangat belajar mahasiswa menjadi tinggi, dimana perkuliahan tidak hanya membahas kasus secara text book, namun juga hal-hal yang benar-benar terjadi di dunia kerja.

Matakuliah yang diajarkan oleh PPAk Unand terdiri dari 7 modul CA plus matakuliah Auditing, sehingga total seluruh program PPAk Unand terdiri dari 8 matakuliah.

Hal lain yang juga membuat saya sangat beruntung kuliah di PPAk Unand yaitu dosen-dosen pengajarnya yang sangat kompeten dibidangnya, dan bahkan ada professor / guru besar yang juga mengajar, yaitu Prof. Dr. Eddy R. Rasyid, M.Com., Ak., CA sebagai salah satu guru besar di Unand dan juga Prof. Dr. Tafdil Husni, MBA yang juga saat ini menjabat sebagai Rektor Unand.

Dosen-dosen lainnya yang juga menginspirasi saya saat kuliah di PPAk Unand baik yang memang berprofesi sebagai dosen maupun yang berprofesi sebagai auditor dan bahkan konsultan, yaitu: Dr. Elvira Luthan, M.Si., Ak., CA; Drs. Jonhar, M.Si., Ak., CA; Rayna Kartika, SE., M.Bus., Ak., CA; Drs. Sri Edmawati, M.Si., Ak., CA (yang juga sebagai Ketua Program PPAk Unand); Drs. Riwayadi, MBA., Ak., CA; Dr. H. Suhairi, M.Si., Ak., CA; Rahmat Kurniawan, SE., MA., Ak., CA; Dr. Rita Rahayu, M.Si., Ak., CA; Dr. Efa Yonnedi, SE., M.Com., Ak., CA (yang juga sebagai Ketua Jurusan Akuntansi Unand); Rahmat Febrianto, SE., M.Si., Ak., CA; Dr. Miko Kamal; Drs. Syahril Ali, M.Si., Ak., CPA; dan Dr. Yuskar, SE, MA, Ak.

Tentunya hal ini merupakan penyemangat bagi seluruh mahasiswa PPAk Unand untuk lebih giat belajar. Untuk itu, pada kesempatan ini saya juga ingin memberikan rasa hormat saya yang setinggi-tingginya serta mengucapkan terima-kasih yang tak terhingga kepada para dosen PPAk Unand.

3. Ujian Lokal & Pusat

Sebelum mengikuti ujian modul CA, PPAk Unand juga menyelenggarakan ujian lokal bagi mahasiswanya. Dengan adanya ujian lokal, maka setiap mahasiswa harus mempersiapkan diri, belajar. Kondisi ini menjadikan saya telah memperiapkan diri jauh-jauh hari belajar setiap matakuliah secara komprehensif sebelum menghadapi ujian modul CA. Adanya tambahan jadwal kelas untuk melatih soal-soal yang terkait dengan modil CA membuat saya dan mahasiswa lainnya merasa memiliki "bekal" yang cukup dalam menghadapi ujian modul CA.

Unand menyelenggarakan ujian modul CA dua kali dalam setahun, sehingga kami dapat mengatur jadwal kami untuk membagi matakuliah ujian modul CA menjadi empat di periode pertama dan tiga di periode kedua. Pembagian ujian modul CA menjadi 2 periode cukup membantu saya dalam mengatur jadwal ujian modul CA tersebut, dan sebagai hasil, alhamdulilah saya dapat lulus seluruh tujuh ujian modul CA tersebut dalam waktu 1 tahun.

Sedangkan untuk ujian lokal yang dilakukan sebelum ujian modul CA, telah pula saya jalani dan dinyatakan lulus oleh PPAk Unand seluruh delapan matakuliah ujian lokal tersebut, dan mendapat gelar Akuntan (Ak.) berpredikat "Dengan Pujian".

4. Penutup

Sekali lagi, saya ingin mengucapkan terima-kasih kepada para dosen di PPAk Unand, dan tentu saja saya sangat merekomendasikan kepada masyarakat umum bila ingin mengambil gelar CA agar mengambil melalui program PPAk Universitas Andalas, karena kualitas mengajar, fasilitas, dan metode pengajarannya yang sangat efektif dan terarah.


Demikian testimoni saya, dan mohon maaf bila ada yang janggal atau kurang berkenan dalam penyampaian testimoni ini.

Billai taufiq wal hidayah, wassalaamu'alaikum Wr.Wb.

 

 

Peningkatan pemahaman akuntansi secara komprehensiv saya peroleh di PPAk. Mahasiswa diajak berfikir analitis dan kritis tentang teori dan aplikasi ilmu akuntansi di dunia bisnis. Mahaisiswa juga dibekali pemahaman tentang isu akuntansi kontemporer serta etika profesi. Bekal di PPAk tersebut sangat berkontribusi positif terhadap perkembangan karir saya. Hal ini dibuktikan dengan apresiasi yang diberikan oleh atasan, rekan kerja maupun klien. (Irvan Desmal, SE., Ak adalah alumni PPAk FE Unand Angkatan IV)
 Irvan Desmal, SE., Ak

 

Read 216 times Last modified on Jumat, 10 Maret 2017 21:55

Media

More in this category: « Data Alumni

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Agenda Kegiatan

No events